PROGRES 1: LAPORAN OBSERVASI FINAL

Objek: Hotel Masa Inn

Lokasi Objek: Poppies lane I No.27, KUTA BEACH, Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

Pada progres pertama ini adalah tentang laporan observasi ruangan yang dipilih sebagai objek studi yaitu Ruang Tidur dan Kamar Mandi pada Hotel Masa Inn. Berikut hasil dari observasi yang telah dilakukan:

  1. SETTING GEOMETRI

A. RUANG TIDUR

Setting Gemetri dari ruangan ini digunakan bentuk yang menggabungkan bentuk persegi yang dimana bentuk menyesuaikan dari penempatan furniture. Arah dari ruangan ini mengarah pada arah selatan yang dimana arah tempat tidur  diletakkan pada arah barat.  ruangan ini memiliki luasan bangunan 19.7m2.

denah-ruang-rridur

potongan-a-a-kamar-tidur

sy8xmqqe7gjfx7eele2bxlw2

ruang-tidur

B. KAMAR MANDI

Bentuk setting geometri dari ruangan ini adalah hampir sama seperti seperti ruang tidur karena bentuk ruangan seperti ini dapat menempatkan furniture secara rapi. adapun luasan dari ruangan ini adalah 6.45m2

denah-kamar-mandi

yqb7fs9pe8qqt6fpe862ay41

potongan-b-b-kamar-mandi

perspektir-kamar-mandi

 

2. SETTING MATERIAL

A. RUANG TIDUR

Elemen Atas: pada elemen atas pada Ruang Tidur ini menggunakan plafond Eternit yang dimana plafind ini memiliki warna coklat dan dipasang dengan rangka kayu dengan jarak 1 meter.

Elemen Samping: Pada Elemen samping pada ruangan ini menggunakan finishing cat berwarna Cream

Elemen Bawah: Elemen bawah pada ruangan ini menggunakan material keramik yang berukuran 40x40cm

ruang-tidur

B. KAMAR MANDI

Elemen Atas: pada elemen atas pada Ruang Tidur ini menggunakan plafond Eternit yang dimana plafind ini memiliki warna coklat dan dipasang dengan rangka kayu dengan jarak 60cm.

Elemen Samping: Pada Elemen samping pada ruangan ini menggunakan 2 jenis material yan berbeda yaitu menggunakan keramik putih dengan ukuran 20x20cm dan 20x30cm.

Elemen Bawah: Elemen bawah pada ruangan ini menggunakan material keramik putih yang berukuran 30x30cm.

perspektir-kamar-mandi

3. SETTING FURNITURE

A. KAMAR TIDUR

Pada ruangan ini furniture di atur sedemikian rupa sengga dapat memenuhi kebutuhan dari penghuni hotel. Furniture dari ruangan ini sebagian besar berbahan kayu jati. Adapun jenis-jenis furniture yang digunakan pada ruangan ini adalah:

denah-ruang-rridur

  • Tempat Tidur

db1hrhpwchs8tbctwdddp9fr

  • Lemari

rmya8jkbvl9n6erc77h3paq9

  • Meja Rias

lemari

  • Nakas

nakas

B. KAMAR MANDI

Setting furniture pada ruangan ini hampir sama dengan ruang tidur yang dimana furniture yang dipilih hanya untuk memenuhi kebutuhan dari pengunjung dari hotel, tetapi pada ruangan ini furniture sebagian besar berbahan keramik. Adapun furniture yang digunakan pada ruangan ini adalah:

denah-kamar-mandi

  • Kloset Duduk

x2jr3r78k1qa8y1774tb7aht

  • Buthup

b

  • Washtafel

xfqadfjqsnxdta7u88ep1ctd

4. SETTING PENCAHAYAAN

A. RUANG TIDUR

Pada sistem pencahayaan yang dipakai pada ruangan ini menggunakan 2 sistem pencahayaan yaitu:

  • Pencahayaan Alami: Pencahayaan ini berasal dari bukaan jendela sehingga sinar dapat masuk keruangan tidak hanya itu udara segar juga dapat masuk keruangan sehingga dapat mengganti sirkulasi dalam ruangan.
  • Pencahayaan Buatan: Pencahaan buatan berasal dari lampu utama yang dipakai yaitu lampu downlight pillips 15 watt. dan juga lampu tidur yang dipasang di samping kanan dan kiri tempat tidur guna untuk memberi penerangan pada saat tidur.

dnah-lampu-ruang-tidur

B. KAMAR MANDI

Sistem pencahaayaan ruangan ini hampir sama dengan sistem pencahayaan pada kamar tidur, akan tetapi pada ruangan ini tidak tersedianya sistem pencayaan alami. Pencahayaan buatan pada ruangan ini berasal dari lampu utama yaitu lampu downlight Pillip 15 watt.

dyfh9krhdft3td9ru17e5hdk

5. SETTING ADDITIONAL

A. KAMAR TIDUR

Pada kamar tidur tidak terlalu banyak furniture tambahan yang dipasang pada ruangan. hanya terdapat 3 furniture tambahan yaitu lukisan, lampu tidur dan furniture hiasan. berikut ulasan dari masing-masing furniture tersebut:

  • Lukisan : lukisan ini dipasang pada tembok atas tempat tidur untuk memperindah ruangan dan menciptakan vikal point pada ruangan.

mnx2n3pj5k67452vkbvtu7l4

  • Lampu Tidur : lampu hias ini dipasang tidak hanya untuk mempercantik ruangan juga berfungsi sebagai penerangan pada saat tidur. Lampu ni dipasang pada dinding samping kanan da kiri tempat tidur.

fretv9t4vb2acmdm7xp0xbbf

  • Furniture Hiasaan: Furniture ini dipasang pada bagian belakang pintu, furniture ini juga dilengkapi dengan lampu spot light untuk dipasangkan dengan lukisn atau barang-barang hias lainnya furniture ini mempunyai ukuran lebar 40cm, panjang 180cm dan tinggi 180cm dan bahan furniture yang digunakan adalah kayu jati.

lamari-hias

B. KAMAR MANDI

Tidak seperti ruang tidur, kamar mandi tidak mempunyai furniture hiasan yang dipasang pada ruangan-ruangan lain. Alasan kenapa tidak dipasang karena fungsi fngsi dari ruangan itu sendiri.

Tinggalkan komentar